Membangun Bisnis Informatika

Sudah lama saya tidak menulis di blog ini karena sibuk dengan urusan kuliah dan pekerjaan yang tiada henti terus berdatangan silih berganti seperti pukulan tangan kanan dan kiri yang menguras tenaga dan semangat hingga blog ini lebih sering terbengkalai.

Tapi bismillah dengan semangat yang ada dan pikiran yang penuh kesadaran saya kembali menulis artikel, pada artikel ini saya ingin membahas cara membangun sebuah bisnis. Berdasarkan panduan yang telah saya pelajari dan praktekkan, saya akan mensharenya disini agar pengunjung web bisa ikut mempelajari cara membangun bisnis informatika.

Apa itu bisnis informatika? Pengertian sederhananya, bisnis informatika adalah suatu kegiatan menukarkan value (nilai) yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan (profit) menggunakan teknologi informasi.

Karena tahun ini Indonesia sudah memberlakukan pasar bebas asean atau disebut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) maka bagi para mahasiswa khususnya atau orang lain umumnya disarankan memiliki kemampuan untuk menciptakan bisnis yang mampu bersaing dengan negara asian lainnya. Bahasa gaulnya adalah startup, sebuah bisnis kecil unik yang bisa kita buat jika memiliki kreatifitas.

Nah, apakah yang diperlukan untuk membangun bisnis informatika? Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan

1) Value (Nilai)

Nilai yang dimaksud disini adalah nilai produk atau jasa yang kita tawarkan. Berisi kelebihan dan kekurangan bisnis kita dibandingkan pesaing.

Nilai produk bisa bertambah apabila mengandung setidaknya salah satu unsur berikut

-bersifat baru
-meningkatkan kinerja
-mempunyai banyak pilihan
-membantu menyelesaikan masalah
-mempunyai desain bagus
-memberikan status sosial
-mempunyai harga bersaing
-membantu pembeli berhemat
-memperkecil resiko
-mempermudah akses
-memberikan kenyamanan

Semakin banyak unsur-unsur diatas yang melekat pada produk Anda maka semakin besar kesempatan Anda menguasai pasar

2) Segmen Pasar

Setelah mengetahui produk yang akan dijual, langkah berikutnya adalah menentukan pasar tempat produk itu dijual. Berikut beberapa segmen pasar yang bisa Anda pilih

-Segmen pasar luas, memiliki banyak pembeli dan pesaing
-Segmen pasar yang spesifik
-Segmen pasar yang hanya memiliki sedikit pembeli dan sedikit pesaing

3) Relasi dengan Pelanggan

Membangun relasi dengan pelanggan adalah hal yang penting. Karena saat bisnis sepi, hanya pelanggan setia yang bisa kita harapkan untuk tetap membeli dan membantu promosi. Berikut beberapa cara membangun relasi dengan pelanggan

-Memberikan saran pemilihan produk kepada pembeli
-Memberikan surat penawaran secara berkala
-Menciptakan komunitas dengan pelanggan
-Mengajak pelanggan untuk ikut mengembangkan bisnis

4) Chanel

Bukan, bukan chanel TV, bukan chanel sinetron hewan-hewan ganteng yang biasa Anda lihat di televisi hehe

Chanel disini maksudnya adalah cara menjangkau pelanggan. Atau istilah lainnya adalah cara mempromosikan produk Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan

- Melalui penawaran langsung secara tatap muka
- Melalui website
- Melalui toko
- Melalui reseller
- Melalui rekanan


5) Aktifitas bisnis

Aktifitas bisnis adalah aktifitas yang secara rutin Anda lakukan untuk menjaga nilai produk Anda tetap bertahan dan menjadi lebih baik

Aktifitas bisnis dibedakan menjadi tiga bagian yaitu

- Produksi : Membuat produk untuk ditawarkan atau untuk memenuhi pesanan
- Problem Solving : Memecahkan segala masalah dan hambatan yang ada di bisnis
- Platform Network : Membangun network, berinteraksi dengan segmen pasar lainnya

6) Sumber daya

Sumber daya harus diperhatikan agar aktifitas dan nilai produk bisa terjaga. Sumber daya bisa disebut aset atau harta perusahaan, dikategorikan menjadi

- Aset fisik : Seperti bangunan kantor, kendaraan, mesin, komputer
- Intelektual : Seperti merek, hak cipta, rahasia perusahaan
- Manusia : Tenaga kerja
- Keuangan : Uang tunai, kredit, obligasi, saham

7) Partner bisnis

Partner bisnis diperlukan untuk tujuan mengoptimalkan sumber daya perusahaan, aktifitas bisnis dan mengurangi resiko dan persaingan

Macam-macam cara menjadi partner

- Kerjasama dengan perusahaan berbeda jenis
- Kerjasama dengan pesaing
- Kerjasama membentuk usaha baru

8) Biaya modal

biaya modal adalah biaya-biaya terbesar yang harus Anda keluarkan untuk melakukan aktifitas bisnis dan menghasilkan nilai produk

Modal dibedakan menjadi modal tetap, modal variabel dan modal bahan baku
- Modal tetap : Modal yang harus dikeluarkan perusahaan tanpa terpengaruh jumlah produksi
- Modal variabel : Modal yang besarnya bergantung variabel lain seperti jumlah produksi
- Modal bahan baku : Modal yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan

9) Cara pemasukan

Cara pemasukan adalah cara Anda menghasilkan uang dari bisnis yang Anda kelola. Untuk lebih jelasnya, cara ini dibagi beberapa bagian yaitu

- Penjualan produk fisik
- Pelanggan membayar berdasarkan lama pemakaian produk
- Biaya berlangganan
- Biaya izin pakai jasa/produk


Ya akhirnya kita sampai di akhir artikel. Itulah 9 poin yang harus Anda praktekan untuk dapat membangun bisnis informatika. Untuk membahas artikel ini, silahkan memberikan komentar di kotak komentar di bawah artikel ini agar komentar anda bisa dibalas oleh saya dan pengunjung lainnya

Terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.