Efisiensi Perekrutan dan Pengelolaan Pegawai untuk Wirausahha



Nama : Anhar Tasman
NPM : 50412927

Efisiensi Perekrutan dan Pengelolaan Pegawai untuk Wirausaha Teknologi Informasi
Pegawai adalah elemen yang harus ada di setiap usaha baik usaha kecil, usaha kecil menengah dan usaha besar. Pegawai bisa jadi adalah orang luar yang direkrut untuk masuk ke dalam bisnis ataupun pemilik bisnis itu sendiri yang memperkerjakan dirinya sendiri. Sebelum merekrut orang luar kedalam bisnis, diperlukan beberapa persiapan untuk mencari, menyeleksi dan mengelola pegawai agar kedepannya uang yang dikeluarkan untuk menggaji pegawai bisa memberikan hasil yang memuaskan.

Perekrutan
Dengan tersedianya teknologi informasi yang sudah berkembang dan menjangkau sebagian besar masyarakat indonesia, wirausaha bisa menyebarkan informasi lowongan melalui berbagai media seperti media cetak ataupun media internet. Agar uang iklan yang dikeluarkan bisa diminimalkan dan lowongan bisa sampai di banyak orang, disarankan untuk menggunakan media internet. Wirausaha bisa menggunakan forum, web sosial, web berita dan web periklanan untuk menyebarkan berita lowongannya.

Seleksi Tenaga Kerja
Setelah berita lowongan disebar, tahap selanjutnya adalah menunggu datangnya surat lamaran dari orang-orang yang tertarik. Surat ini bisa datang secara fisik melalui petugas pengantar surat ataupun datang secara elektronik melalui email. Sangat penting untuk memperhatikan kualitas yang tertera di surat lamaran, melalui nilai akademis, prestasi yang sudah diraih dan keterampilan yang ditulis, petugas seleksi harus cerdas menilai sebelum memanggil mereka untuk melakukan wawancara.
Dari sekian surat lamaran yang lulus seleksi, petugas HRD melakukan wawancara untuk melihat keterampilan komunikasi, masalah kesehatan, gaji yang diinginkan dan informasi lain yang diperlukan dari calon pegawai. Setelah melakukan wawancara, tahap selanjutnya adalah seleksi praktek untuk membuktikan apakah keterampilan yang mereka tulis di surat lamaran memang baik atau dibuat-buat.

Penilaian Kinerja
Setelah calon pegawai lulus seleksi wawancara dan seleksi praktek, mereka diterima menjadi pegawai dan mendapatkan kejelasan mengenai gaji dan sistem kerja. Umumnya sekarang banyak wirausaha yang menggunakan sistem kerja kontrak untuk para pegawai baru. Hal ini ditujukan agar wirausaha mendapatkan hak untuk memberhentikan pegawai secara sepihak apabila mereka tidak memberikan kontribusi yang sesuai dengan yang diharapkan.

Ketiga tahap diatas diperlukan untuk meminimalisir kesalahan pemilihan pegawai dan memaksimalkan kinerja perusahaan. Dengan adanya seleksi dan penilaian yang ketat, wirausaha bisa mendapatkan orang yang tepat untuk posisi yang tepat dengan pengeluaran yang tepat

Tidak ada komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.