Persiapan menuju dunia pemrograman



Cepatnya perkembangan teknologi informasi menuntut semua kalangan untuk selalu mempelajari teknologi2 terbaru, baik itu untuk kemudahan pekerjaannya, ataupun untuk tugasnya melindungi orang2 yang mereka cintai, seperti ibu rumah tangga yang harus melek teknologi agar bisa melindungi anak2nya dari penggunaan gadget yang melenceng.

Sebagian orang mempelajari cara penggunaan teknologinya, tapi sebagian yang lain mempelajari bagaimana cara membuatnya, kategori kedua ini yang menarik mereka untuk terjun ke dunia pemrograman, baik karena iming2 gaji besar atau untuk memenuhi rasa penasaraannya. Tapi sayangnya, keinginan besar ini tidak diiringi oleh bekal, sehingga rasa kecewa dan rage quit menghampiri mereka yang menggebu2 untuk menjadi programmer.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk masuk ke dunia pemrograman, baik dari sisi mental, peralatan dan bahasa pemrograman apa saja yang direkomendasikan, antara lain

Dari Sisi Mental

1, Persiapkan adab.
Ketahuilah programmer adalah pekerjaan yang meenuntut kita untuk selalu berpikir, mencari solusi yang paling efektif dalam memecahkan sebuah masalah, karena teknologi selalu berkembang, maka kita harus mengesampingkan ego untuk mudah lapang dada pindah teknologi ketika ada teknologi yang lebih baik padahal kita sudah mempelajari teknologi sebelumnya, misalnya pindah bahasa pemrograman padahal kita sudah jago dalam bahasa pemrograman sebelumnya, ini semua demi kemudahan memecahkan masalah yang kita hadapi.

2. Kita dituntut untuk mandiri
Gunakan google,youtube dan forum atau media sosial lain untuk mencari solusi ketika menemukan error saat running, saat instalasi, saat compiling dan situasi lain, jutaan artikel dan video tersebar di internet dan kita dituntut untuk mandiri menemukannya. Bertanyalah jika memang kita sudah berusaha tetapi jawabannya belum ketemu, sebagaimana ada forum yang melarang membernya memposting pertanyaan dengan masalah yang sama berulang2 ketika pertanyaan yang sudah ada sudah dijawab.

3. Ketahui cara bertanya
Banyak postingan pertanyaan di sosmed yang tidak jelas, bilang menemukan error tapi tanpa menyertakan screen shoot atau pesan errornya, atau pun menyertakan skrip satu file padahal pesan errornya hanya di baris tertentu, alih-alih mendapatkan jawaban yang memuaskan, justru malah menuai kritikan atau lebih parahnya lagi, dicuekin. Intinya, permudah orang2 di grup untuk mengerti apa masalah yang Anda tanyakan, bisa tambahkan video atau minimal screen shoot yang penting-penting.

4. Tentukan pola belajar
Tentukan jadwal dan cara belajar, apakah melalui video tiga kali seminggu, melalui artikel dua kali seminggu, lalu pola belajarnya bagaimana, apakah mengikuti kursus online yang sudah menyediakan pola yang tinggal kita ikut atau membuat pola sendiri, gunakan aplikasi smartphone yang berfungsi sebagai pengingat jadwal, konsisten adalah kuncinya, belajar sedikit tetapi sering itu lebih baik daripada belajar satu buku sekaligus tapi jarang-jarang dan bahkan jarang dipraktekan.


Dari Sisi Peralatan

1. Laptop/PC
Diperlukan laptop atau PC. Saya sarankan menggunakan laptop/PC yang memiliki RAM 4GB, dengan RAM sebanyak itu seharusnya sudah cukup untuk mendukung Anda. Untuk kekuatan grafisnya, tergantung apakah Anda akan menjadi programmer game? Kalau iya, gunakan laptop/PC yang bisa menampung grafik yang bagus. Jika Anda ingin menjadi programmer iOS, maka gunakan Macbook.

2. OS
Saya sarankan gunakan OS Linux atau Mac, karena lebih aman dari Virus, tapi kalaupun mau Windows tidak masalah, apapun OSnya tetap diperlukan maintenance, lakukan backup secara berkala dan hapus file-file yang tidak penting. Tapi itu kembali lagi kepada produk yang ingin Anda ciptakan, jika ingin membuat aplikasi untuk iOS, maka gunakan Macbook.

3. Modem
Untuk browsing tutorial, install library dan keperluan lainnya yang membutuhkan akses internet, gunakan modem. Gunakan paket data sesuai kemampuan Anda masing-masing. Jika paket datanya sedikit, maka cari tutorial yang berupa teks, bukan video atau audio. Beberapa pihak juga menyediakan IDE berbasis web untuk membuat aplikasi mobile sehingga butuh internet untuk mengerjakannya.

Bahasa Pemrograman apa yang direkomendasikan?

Berikut daftar bahasa pemrograman yang layak Anda pelajari

1. JavaScript


JavaScript benar-benar merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer hingga saat ini. Tidak mungkin menjadi pengembang perangkat lunak hari ini tanpa menggunakan JavaScript dalam beberapa cara. Menurut Survei Pengembang 2018 Stack Overflow, JavaScript adalah bahasa yang paling populer di kalangan pengembang untuk tahun keenam secara berturut-turut. Hampir 70 persen responden survei melaporkan bahwa mereka telah menggunakan JavaScript pada tahun lalu.
Seiring dengan HTML dan CSS, JavaScript sangat penting untuk pengembangan web front-end. Sebagian besar situs web paling populer, dari Facebook dan Twitter hingga Gmail dan YouTube, bergantung pada JavaScript untuk membuat halaman web interaktif dan menampilkan konten secara dinamis kepada pengguna.
Selain JavaScript “murni”, ada juga sejumlah pustaka dan kerangka kerja yang dimaksudkan untuk mempermudah pembuatan JavaScript. Beberapa kerangka kerja yang paling populer termasuk Angular, React, Vue, Ember dan jQuery. Pengembang JavaScript profesional kemungkinan akan membutuhkan pengalaman dengan satu atau lebih dari ini.
Meskipun JavaScript pada dasarnya adalah bahasa front-end yang dijalankan di browser, JavaScript juga dapat digunakan di sisi server melalui Node.js untuk membangun aplikasi jaringan yang skalabel. Node.js kompatibel dengan Linux, SunOS, Mac OS X dan Windows.
Karena JavaScript memiliki sintaks yang memaafkan dan fleksibel dan berfungsi di semua browser utama, ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling ramah untuk pemula.

2. PHP

Pilihan lain bahasa pemrograman yang kuat untuk pengembang web adalah PHP. Bahasa skrip sisi server ini memperkokoh 83 persen situs web dan telah menjadi alat back-end penting bagi raksasa teknologi seperti Facebook, Wikipedia, dan Yahoo. PHP juga populer berkat perannya dalam sistem manajemen konten WordPress, yang membuat pengembangan situs web dapat diakses oleh massa.
PHP dapat disematkan dalam sistem template web atau digunakan untuk meningkatkan fungsionalitas laman web HTML. Ini juga mentransfer data melalui database query seperti MySQL dan PostgreSQL.
Seperti halnya JavaScript, situs web menggunakan PHP untuk berbagai tujuan, termasuk mengumpulkan dan memverifikasi data formulir, membuat cookie, dan menampilkan konten dan gambar dinamis. Juga seperti JavaScript, PHP menawarkan sejumlah kerangka kerja, seperti Laravel dan Drupal, yang membantu pengembang membangun aplikasi lebih cepat dan membuatnya lebih kuat, terukur dan aman.
Jika Anda ingin bekerja sebagai pengembang web freelance, PHP adalah bahasa praktis untuk dipelajari. Dengan lebih dari 75 juta situs web yang menjalankan WordPress, akan selalu ada kebutuhan bagi pengembang yang dapat membuat plugin PHP khusus dan memberikan bantuan teknis.

3. Java

Java, bahasa tujuan umum, telah menjadi andalan di dunia pemrograman komputer selama lebih dari 20 tahun. Kunci popularitasnya adalah filosofi “menulis sekali, jalankan di mana saja”. Secara teoritis, Anda dapat menulis perangkat lunak Java di perangkat apa pun, mengompilasinya ke kode mesin tingkat rendah, lalu menjalankannya di platform apa pun yang dilengkapi dengan Java Virtual Machine (JVM). Ini berarti Java sangat kompatibel lintas platform.
Java juga menjadi dasar untuk sistem operasi Android dan bahasa yang paling umum untuk mengembangkan aplikasi Android. Bahasa ini disukai oleh perusahaan juga, dengan sekitar 90 persen dari 500 perusahaan Fortune menggunakan Java untuk membangun aplikasi dan sistem back end. Untuk melengkapi itu, sistem pengolahan data Apache Hadoop ditulis di Java dan dijalankan oleh Amazon Web Services dan Windows Azure.
Berkat keserbagunaan dan keunikannya, Java adalah bahasa yang umum bagi pemula untuk dipelajari, dan ini digunakan dalam banyak kursus pemrograman pengantar.
Dengan begitu banyak kasus penggunaan yang berbeda, Java adalah taruhan pasti untuk programmer yang mencari bahasa modular fleksibel dengan aplikasi bisnis yang mengakar, dan oleh karena itu prospek pekerjaan.

4. C / C++

C adalah bahasa pemrograman old-school yang masih hidup dan baik hari ini. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970-an, C memiliki pengaruh yang kuat pada lanskap pemrograman komputer, meskipun kurva pembelajarannya yang curam.
Ada lusinan bahasa dalam keluarga C yang berasal dari C atau sangat dipengaruhi oleh sintaks, konstruk dan paradigma. Ini termasuk beberapa bahasa yang disebutkan dalam artikel ini, termasuk Java, Objective-C dan C #.
Karena ini memungkinkan Anda untuk menjadi sangat dekat dengan pekerjaan di dalam komputer, C tetap menjadi pilihan populer untuk membangun aplikasi khusus berkinerja tinggi. C adalah dasar untuk sistem operasi Linux dan sering digunakan untuk pemrograman embedded system.
Salah satu penerus paling langsung dari C adalah bahasa pemrograman C++. C++ dibangun di C, yang memberikan banyak keuntungan yang sama, tetapi C++ adalah bahasa berorientasi objek dan karena itu merupakan pilihan yang lebih baik ketika mengembangkan aplikasi tingkat yang lebih tinggi. C++ adalah pilihan yang sangat populer untuk grafik komputer, gim video dan virtual reality.

5. Swift

Jika Anda tertarik dengan produk Apple dan pengembangan aplikasi seluler, Swift adalah tempat yang baik untuk memulai. Pertama kali diumumkan oleh Apple pada tahun 2014, Swift adalah bahasa pemrograman yang relatif baru yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi iOS dan macOS. Menurut Github’s State of the Octoverse Report, Swift telah berkembang pesat, sekarang peringkat ke-13 sebagai bahasa paling populer dengan menarik permintaan.
Pengembang menggunakan Swift untuk membuat aplikasi iOS, macOS, dan Linux yang kuat, berkinerja tinggi, dan asli. Swift dimaksudkan untuk menjadi lebih cepat, lebih ramping, dan lebih mudah untuk didebug daripada Objective-C pendahulunya. Setelah masuk untuk pengembangan iOS, Objective-C sekarang dianggap kikuk dan diberi tanggal oleh banyak pengembang. Sebaliknya, Swift telah dioptimalkan untuk kinerja dan dibangun dari bawah ke atas agar sesuai dengan realitas perkembangan iOS modern.
Mengembangkan keterampilan pemrograman Swift adalah investasi yang bijaksana untuk calon insinyur perangkat lunak. Tidak hanya iOS yang berjalan di setiap iPhone dan iPad, itu juga menjadi dasar untuk sistem operasi lain seperti watchOS (untuk Apple Watches) dan tvOS (untuk Apple TV). Selain itu, Apple tidak akan menjadi pemimpin industri teknologi dan aplikasi iOS terus menjadi yang paling menguntungkan di pasar aplikasi seluler.

6. Python

Python mungkin adalah bahasa pemrograman yang paling mudah digunakan di daftar ini. Sering dikatakan bahwa sintaks Python jelas, intuitif dan hampir mirip bahasa Inggris, yang, seperti Java, membuatnya menjadi pilihan populer untuk pemula.
Juga seperti Java, Python memiliki berbagai aplikasi yang membuatnya menjadi pilihan yang serbaguna dan kuat ketika memilih bahasa pemrograman terbaik untuk kasus penggunaan Anda. Jika Anda tertarik dengan pengembangan web back-end, misalnya, maka kerangka kerja Django open-source, yang ditulis dengan Python, populer, mudah dipelajari, dan kaya fitur. Django telah digunakan dalam pengembangan beberapa situs populer seperti Mozilla, Instagram, dan Spotify.
Python juga memiliki paket seperti NumPy dan SciPy yang umum digunakan dalam bidang komputasi ilmiah, matematika, dan teknik. Perpustakaan Python lain seperti TensorFlow, PyTorch, scikit-learn dan OpenCV digunakan untuk membangun program dalam ilmu data, pembelajaran mesin, pemrosesan gambar dan visi komputer. Aplikasi sains dan data Python membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk bidang akademis.

7. Ruby

Ruby adalah bahasa scripting lain yang biasa digunakan untuk pengembangan web. Secara khusus, ini digunakan sebagai dasar untuk kerangka kerja aplikasi web Ruby on Rails yang populer.
Pemula sering tertarik ke Ruby karena memiliki reputasi memiliki salah satu komunitas pengguna yang paling ramah dan paling membantu. Komunitas Ruby bahkan memiliki pepatah tidak resmi, “Matz itu bagus dan kami sangat baik,” mendorong anggota untuk meniru perilaku baik dan perhatian mereka pada penemu utama Ruby, Yukihiro Matsumoto.
Selain komunitas yang aktif dan sintaksnya yang langsung, Ruby juga merupakan bahasa yang baik untuk diambil berkat hubungannya dengan bisnis teknologi yang hebat. Twitter, Airbnb, Bloomberg, Shopify, dan banyak startup lainnya telah membangun situs web mereka menggunakan Ruby on Rails di beberapa titik.

8. C#

Seperti C++, C# (diucapkan C Sharp) adalah bahasa tujuan-tujuan, berorientasi objek yang dibangun di atas fondasi C. Awalnya dirancang oleh Microsoft sebagai bagian dari kerangka .NET untuk membangun aplikasi Windows.
Sama seperti Swift adalah bahasa pilihan untuk aplikasi iOS, C# adalah bahasa pemrograman terkemuka untuk membangun aplikasi asli platform Microsoft. C# menggunakan sintaks yang mirip dengan bahasa yang berasal dari C lainnya seperti C++, sehingga mudah diambil jika Anda berasal dari bahasa lain di keluarga C.
C# bukan hanya untuk pengembangan aplikasi Microsoft, tetapi juga digunakan oleh pengembang mobile bahasa untuk membuat aplikasi lintas platform di platform Xamarin. Alih-alih menulis aplikasi iOS Anda di Swift dan aplikasi Android Anda di Java, yang merupakan dua kali pekerjaan, Anda dapat menulis satu aplikasi menggunakan Xamarin dan C# dan menyebarkannya ke kedua platform secara bersamaan.
Akhirnya, siapa pun yang tertarik dengan pengembangan VR harus mempertimbangkan belajar C#. C# adalah bahasa yang direkomendasikan untuk membuat video game 3D dan 2D menggunakan mesin game Unity yang populer, yang menghasilkan sepertiga dari game teratas di pasar.

9. Rust

Rust sedikit baru di antara bahasa lain di daftar ini, tetapi itu tidak berarti itu bukan bahasa yang berharga untuk dipelajari. Survei Pengembang 2018 Stack Overflow menemukan bahwa Rust adalah bahasa pemrograman yang paling disukai di kalangan pengembang untuk tahun ketiga berturut-turut, dengan 78 persen pengembang Rust mengatakan bahwa mereka ingin terus bekerja dengannya.
Dikembangkan oleh Mozilla Corporation, Rust, seperti C dan C++, ditujukan terutama untuk pemrograman sistem tingkat rendah. Apa yang Rust tambahkan ke campuran, bagaimanapun, adalah penekanan pada kecepatan dan keamanan. Rust menekankan menulis “kode aman” dengan mencegah program mengakses bagian memori yang seharusnya tidak boleh mereka lakukan, yang dapat menyebabkan perilaku tak terduga dan sistem crash.
Keuntungan dari Rust berarti bahwa perusahaan teknologi besar lainnya, seperti Dropbox dan Coursera, sudah mulai menggunakannya secara internal. Meskipun mungkin sedikit lebih sulit untuk dikuasai daripada bahasa pemula lainnya, keterampilan pemrograman Rust cenderung melunasi dengan gemilang karena popularitas bahasa hanya akan terus meningkat dalam waktu dekat.

Selamat Mencoba!
Intinya, untuk terjun ke dunia pemrograman, diperlukan niat, komitmen dan konsistensi, baru kemudian didukung oleh alat-alat yang cukup. Semoga berhasil!


Daftar Referensi
Gambar utama : https://p0.piqsels.com/preview/272/489/111/black-and-white-luggage-man-monochrome.jpg

Tulisan
https://www.centerklik.com/bahasa-pemrograman-terbaik-untuk-dipelajari/


Tidak ada komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.