Pengertian Sound Card



Sound card diperlukan untuk mendengarkan suara hasil olahan komputer, jika Anda ingin merakit komputer maka lebih baik membeli motherboard yang sudah terpasang sound card didalamnya.
Kualitas Sound Card banyak dipengaruhi oleh chip DAC(Digital Analog Converter), yaitu alat yang merubah data digital menjadi analog.

Yang perlu diperhatikan tentang sound card yaitu :
-Jenis chip
-DAC
-Playback quality; 24bit/192khz merupakan kualitas yang terbaik
-Recording:24bit/96khz adalah yang terbaik
-Respon frekuensi
-SRN Rasio 106-108dB
-Hardware acceleration yang berguna untuk mengurangi beban prosesor
-Dukungan playback 7.1 ASIO 2.0 EAX untuk games, THX untuk film,PCM/MLP(DVD)
-Koneksi yang tersedia berupa coaxial atau optikal

6 komentar:

  1. Ooooo komputer tuch ada soundcard terpisah ya, maklum ni aku rada gak ngerti komputer.......

    taunya cuman pake doank.......

    maklum aku rada gapteck dikit....

    BalasHapus
  2. sound card itu ada yang terpisah atau ada juga motherboard yang sudah memiliki sound card didalamnya

    BalasHapus
  3. ane kan mau main gitar dan kabel jack nya mau di colok ke kompi (jd gausah pke ampli)
    kata tmn ane harus pake sound card
    nah ane cek sound card ternyata harganya beda beda
    ada yg murah bgt dan ada yg mahal bgt
    heheheheh
    ane bingung, ane tanya tmn ane, eh dia jg bingung katanya
    jd intinya ane cuma mau tanya nih omo
    sound card itu apa sih ??
    trus fungsinya utk apa ??
    kok bisa yah yg jual harganya beda jauh ??
    ada yg 200rban sampe ada yg jutaan, nah klo yg murah sama mahal itu beda fungsinya dmn om ??
    hehehehe
    mohon pencerahannya bgt yah om

    BalasHapus
  4. Sound Card atau terjemahannya adalah Kartu Suara, maksudnya adalah sebuah perangkat keras berbentuk seperti kartu yang berfungsi untuk mengolah data suara. Kualitas Sound Card itu bermacam macam, semakin baik kualitasnya maka semakin baik juga kualitas suara yang akan kita nikmati. Seperti perangkat keras atau barang lainnya, semakin kualitasnya baik maka semakin mahal pula harganya, hal ini disebabkan oleh tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya. Skali lagi, harganya mahal atau murah itu yang membedakan adalah kualitas Sound Cardnya

    BalasHapus
  5. Tolong tanya sound card yang sudah build in dengan mainboard dan yang model pci card, suaranya lebih bagus mana ya? thank

    BalasHapus
  6. @Artikel Motivasi: Biasanya lebih bagus yang PCI Card.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.