Membuat save menu animasi flash dengan shared object

Shared objects digunakan untuk menyimpan suatu variable ke cookie yang ada pada komputer client. Nah ini sangat bermanfaat bagi Anda jika ingin membuat suatu variabel dalam animasi flash yang nilainya bisa disimpan dan kemudian bisa ditampilkasn kembali isinya, fungsi ini adalah dasar dari sistem save yang ada pada flash game, juga bisa digunakan untuk highscore dalam flash game, dibawah ini ada tahap tahap untuk membuat save menu secara sederhana, silahkan disimak



1. Pertama buka macromedia flash Anda



2. Kemudian pasang satu buah dinamic text dengan variabel bernama "loadnama" dan satu buah input text dengan variabel bernama "inputnama"



3. Kemudian pasang dua buah tombol



4. Klik frame yang Anda gunakan kemudian berikan action skrip dibawah ini



var nama:SharedObject = SharedObject.getLocal(niki);



penjelasan skrip: niki adalah nama cookie yang tersimpan dalam variabel nama



5. Klik tombol yang digunakan untuk mensave kemudian ketikan skrip dibawah ini



on(release){

_root.nama.data.hehe = _root.inputnama;

}

Penjelasan skrip: jika tombol save di tekan maka nilai yang ada pada input text dengan variabel bernama "inputnama" akan dimasukan kedalam data hehe yang akan tersimpan ke variabel nama, kemudian variabel nama akan meneruskannya untuk disave kedalam cookie bernama niki



6. Klik tombol yang digunakan untuk menload kemudian salin skrip dibawah ini



on(release){

_root.loadnama=_root.nama.data.hehe;

}

Penjelasan skrip: ketika tombol load ditekan maka dinamic text dengan variabel bernama "loadnama" akan menampilkan data cookie niki yang sudah terisi dengan nilai yang dimasukan di dalam input text bernama "inputnama"



7. Lakukan test movie



8. Masukan karakter atau angka pada input text dengan variabel bernama "inputnama" kemudian klik tombol yang digunakan untuk save



9. Tutup test movie Anda



10. Lakukan lagi test movie lagi



11. Klik tombol yang digunakan untuk load dan kemudian dinamic text dengan nama "loadnama" akan menampilkan data yang tadi Anda masukan pada input text yang mempunyai variabel bernama "inputnama"



Setelah Anda mempraktekan artikel ini harap memberikan komentarnya dikotak komentar, masukan Anda saya hargai

Tidak ada komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.