Tutorial Pemrograman Java, Memasukan gambar kedalam Frame program

Saat masih baru-baru belajar pemograman Java, saya merasa kesusahan ketika ingin memasukan gambar kedalam frame(form), beberapa cara klasik saya coba, seperti mengkopi gambar yang ada dalam folder kemudian mempastekan kedalam form sudah dicoba tetapi tidak bisa, saya mengira bahwa memasukan gambar kedalam form diperlukan rentetan skrip, itu membuat saya gentar dalam mempelajari pemograman Java, saya ingin sekali pindah belajar VB karena dalam VB sangat mudah dalam memasukan gambar, sampai suatu hari didalam ruang sejuk ber AC saya memperhatikan waktu paket sewa warnet yang mau habis dan sebuah skrip yang berguna dalam memasukan gambar kedalam frame(form). Setelah skrip tersebut dipelajari sekarang saya akan memberitahu bagaimana caranya memasukan gambar kedalam Frame program, silahkan disimak artikel dibawah ini

Buka netbeans Anda lalu buat proyek baru dan buat sebuah class, class ini nantinya akan digunakan untuk menampikan frame yang didalamnya terdapat gambar

Kemudian salin skrip dibawah ini yang diberi cetak tebal lalu pelajari penjelasan skripnya

------------------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^----------------



package pelajaranjava;


import java.awt.*;
import java.awt.event.*;



public class AlasGambar extends Frame{


Toolkit ambilGambar=getToolkit();


AlasGambar(){


super("Gambar Souljaboy");


addWindowListener(JE);


setSize(500,260);


setVisible(true);


}


public void paint(Graphics Gambar){


Image img = ambilGambar.getImage("C:/Souljaboy.jpg");


Gambar.drawImage(img, 150, 50, 200, 200, this);


}


JendelaEvent JE = new JendelaEvent();


public class JendelaEvent extends WindowAdapter{


public void windowClosing(WindowEvent wc){


dispose();


System.exit(1);
}
}

}
-------------------------------------------------------------------

Penjelasan Skrip

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;

__________________________

Mengimport class yang diperlukan

public class AlasGambar extends Frame{


Toolkit ambilGambar=getToolkit();


AlasGambar(){


super("Gambar Souljaboy");


addWindowListener(JE);


setSize(500,260);


setVisible(true);


}

___________________________________________

Kelas AlasGambar menampilkan frame

membuat objek ambilGambar dari kelas Toolkit yang berfungsi untuk mengambil gambar dari alamat yang diketikan

membuat title program bernama "Gambar Souljaboy"

menambahkan window listener yang akan memproses program ketika User mengolah jendela program

membuat program mempunyai lebar 500 dan tinggi 260

membuat program menampakan dirinya

public void paint(Graphics Gambar){


Image img = ambilGambar.getImage("C:/Souljaboy.jpg");


Gambar.drawImage(img, 150, 50, 200, 200, this);


}

_____________________

Membuat void paint dengan parameter berupa objek Gambar dari kelas Graphics

membuat objek img dari kelas Image, img mengambil gambar dari objek ambilGambar yang mengambil gambar Souljaboy dengan tipe gambar JPG yang beralamat pada direktori C

Objek Gambar mulai menggambar img pada kordinat x 150m kordinat y 50, lebar gambar 200 dan tinggi gambar 200, observernya adalah this

JendelaEvent JE = new JendelaEvent();


public class JendelaEvent extends WindowAdapter{


public void windowClosing(WindowEvent wc){


dispose();


System.exit(1);
}
}

____________________________________________

Membuat objek JE dari kelas JendelaEvent

Membuat kelas JendelaEvent dan menampung WindowAdapter

Membuat void windowClosing dan menaruh skrip didalamnya, hal ini berarti ketika User mengclose program tersebut maka windowClosing akan menjalankan baris program yang dimilikinya, kita memberikan skrip dispose dan System.exit(1); pada void windowClosing sehingga ketika User mengklik close pada jendela Size program, program akan menghilangkan kenampakannya dan sistem program tersebut akan berhenti

Pada kelas Main salin skrip dibawah ini yang diberi cetak tebal



package pelajaranjava;


public class Main {


public static void main(String[] args) {
AlasGambar ag = new AlasGambar();


}

}

___________________________________

Skrip diatas akan membuat objek ag dari kelas AlasGambar, jika Anda menggunakan kelas selain kelas AlasGambar untuk memasukan gambar kedalam frame maka Anda harus mengganti AlasGambar dengan nama kelas yang Anda gunakan tersebut.



Tekan F6 untuk menjalankan program lalu Anda akan melihat tampilan program seperti berikut ini






Tidak ada komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.