Tutorial Pemrograman Java, Membuat Objek Kotak

Pada postingan ini saya akan memberikan tutorial java grafis, kita akan membuat sebuah Frame dan menggambar Kotak didalamnya

Sebelum mulai marilah kita berdoa

kemudian lakukan import java.awt.*;

import java.awt.event.*;

Buka Netbeans Anda kemudian buat proyek baru dan kemudian buat class baru

Kemudian salin kode dibawah ini yang diberi cetak tebal kemudian pelajari penjelasan skripnya

--------------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^----------


package pelajaranjava;


import java.awt.*;
import java.awt.event.*;


public class ObjekKotak extends Frame{


ObjekKotak(){


super("Menggambar Objek Kotak");


addWindowListener(JE);


setSize(310,150);


setVisible(true);


}
public void paint(Graphics Gambar){


Gambar.setColor(Color.RED);


Gambar.drawRect(50, 50, 70, 70);


Gambar.fillRect(200, 50, 70, 70);


}

JendelaEvent JE = new JendelaEvent();


public class JendelaEvent extends WindowAdapter{


public void windowClosing(WindowEvent wc){


dispose();


System.exit(1);

}
}

}
-----------------------------------------------------------






Penjelasan Skrip

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;

_________________________

Melakukan import class yang dibutuhkan

extends Frame

_______________________________

Inisialisasi Frame pada kelas ObjekKotak

super("Menggambar Objek Kotak");


addWindowListener(JE);


setSize(310,150);


setVisible(true);

_______________________________________

Membuat title program


Menambahkan WindowListener berupa objek JE dari kelas JendelaEvent yang mengimplementasikan WindowAdapter


Membuat program mempunyai lebar 310 dan tinggi 150


Membuat program bisa terlihat(Visible)





public void paint(Graphics Gambar){


Gambar.setColor(Color.RED);

Gambar.drawRect(50, 50, 70, 70);


Gambar.fillRect(200, 50, 70, 70);


}

________________________________________

Membuat viod paint berupa parameter objek Gambar dari kelas Grafis


Objek Gambar yang merupakan anak dari kelas Grafis mengatur warrnanya berupa warna merah


Objek Gambar menggambar Kotak pada kordinat x 50, kordinat y 50, lebar 70 dan tinggi 70


Objek Gambar menggambar Kotak pada kordinat x 200, kordinat y 50, lebar 70 dan tinggi 70 dan memiliki warna yang sudah diatur sebelumnya




JendelaEvent JE = new JendelaEvent();


public class JendelaEvent extends WindowAdapter{


public void windowClosing(WindowEvent wc){


dispose();


System.exit(1);

}
}

____________________________________________

Membuat objek JE dari kelas JendelaEvent


Membuat kelas JendelaEvent dan menampung WindowAdapter


Membuat void windowClosing dan menaruh skrip didalamnya, hal ini berarti ketika User mengclose program tersebut maka windowClosing akan menjalankan baris program yang dimilikinya, kita memberikan skrip dispose dan System.exit(1); pada void windowClosing sehingga ketika User mengklik close pada jendela Size program, program akan menghilangkan kenampakannya dan sistem program tersebut akan berhenti

Kemudian pada class Main salin kode dibawah ini yang dicetak tebal


----------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^-----------
package pelajaranjava;


public class Main {


public static void main(String[] args) {


ObjekKotak ok = new ObjekKotak();


}

}

_____________________________________

Pada skrip diatas akan menciptakan objek ol dari kelas ObjekKotak, jika Anda membuat kelas dengan nama lain maka Anda harus mengganti nama ObjekKotak dengan nama kelas yang Anda buat, sedangkan nama objek terserah,

tekan F6 untuk menjalankan program lalu Anda akan melihat tampilan seperti ini







2 komentar:

  1. kkk tanya nich di taruh pada klas baru n pda set prtma main class nya hrus ada...? msh g bsa .mohon petunjuknya kk mulai prtama....!!!!! msh newbie pkek netbeans

    BalasHapus
  2. jika Anda membuat kelas dengan nama lain maka Anda harus mengganti nama ObjekKotak dengan nama kelas yang Anda buat, sedangkan nama objek terserah,

    tekan F6 untuk menjalankan program

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.