Pages

Rabu, 23 November 2011

Cara mempublish game buatan sendiri

Seorang anggota Komunitas Bahas Komputer bertanya bagaimana caranya mempublish game yang sudah dibuat, karena itu pada kesempatan ini saya akan memberikan cara mempublish game yang sudah dibuat.


1) Trial and error terlebih dahulu: Setelah game selesai dibuat, jangan terburu-buru untuk mensharenya, pastikan bahwa game yang dibuat sudah bebas dari bug(kesalahan program), jangan sampai karena bug setitik rusak susu sebelanga :D Sebuah game yang perfekpun pasti punya sebuah bug dan bisa menjadi celah bagi game saingan untuk mengungguli game tersebut, maka pastikan semuanya berjalan lancar mulai dari fitur About sampai Ending game.

2) The Author: Tuliskan nama pembuat game, baik secara individu ataupun kelompok, dan cantumkan sebuah keterangan kontak sehingga bisa menjadi jembatan antara pembuat game dengan pemain game, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk datangnya investor yang tertarik dengan game yang dibuat sehingga ada yang memberikan dana.

3) Upload game ke file hosting seperti : mediafire, megaupload, indowebster, enterupload, dan file hosting lainnya. Cari file hosting yang memberikan kemudahan bagi para pendownload.

4) Cobalah mendownload game yang sudah diupload: Hal ini sepele, tapi sebenarnya perlu, Anda harus memastikan bahwa game yang dibuat bisa didownload dengan mudah dan setelah didownload bisa dimainkan tanpa cacat sedikitpun. Jadilah pendownload pertama, lebih baik dikritik di dalam dari pada dikritik oleh luar ^_^ .

5) Siapkan kata-kata yang digunakan ketika sharing : Daya tarik adalah kunci dari suksesnya marketing dan ini yang sering dilupakan oleh para penshare game. Mereka lupa menggunakan kalimat yang baik sehingga game mereka yang bagus tidak banyak peminatnya karena hanya sedikit yang tertarik. Usahakan orang tersentuh hantinya untuk memainkan game yang dibuat, gunakan kalimat yang santun ketika sharing sehingga Anda terlihat profesional.

6) Berikut list jejaring sosial yang bisa Anda gunakan sebagai tempat sharing

Facebook.com
Twitter.com
MySpace
Bebo
Friendster
hi5
Orkut
PerfSpot
Yahoo!
Zorpia

7) Jaim(Jaga Image) : Usahakan terlihat profesional di jaring sosial, gunakan bahasa yang santun ketika berinteraksi dengan user lain, karena game yang canggih dan kesantunan para pembuatnya adalah sebuah komponen pengembang game yang profesional


Setelah melakukan publish game, bersiaplah kehujanan komentar dan banjir kritik, banyak pemula yang tidak tahan kritik sehingga memilih mundur dari industri game tanah air, tetapi kepopuleran tanpa kritik seperti sayur tanpa garam ^_^

Untuk memberikan pertanyaan lainnya silahkan bergabung dengan Anggota blog ini lalu kirimkan pertanyaan ke kotak komentar atau dinding Fans Page.

Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.