Pages

Senin, 17 September 2012

Elemen dan Tags HTML






Elemen memberikan struktur ke sebuah dokumen HTML dan memberitahu browser bagaimana Anda ingin Website Anda ditampilkan. Secara umum elemen terdiri atas tag awal, konten, dan tag akhir.


Tags

Tags adalah label yang Anda gunakan untuk awal dan akhir sebuah elemen.


Semua tag memiliki format yang sama: Dimulai dengan tanda kurang dari "<" dan diakhiri dengan tanda lebih dari ">".


Secara umum, ada dua jenis tag - tag pembuka: <html> dan tag penutup: </html>. Perbedaan antara tag pembuka dan tag penutup adalah slash "/". Anda memberikan label ke sebuah konten dengan menaruh tanda slash diantara tag pembuka dan tag penutup.

Beberapa Contoh

Elemen em. Teks diantara tag pembuka <em> dan tag penutup </em> akan ditekankan di browser. ("em" adalah kependekan dari "emphasis" yang artinya penekanan.)

Contoh1:



    <em>Teks yang penting diingat.</em>      


Akan terlihat seperti ini di browser:


Teks yang penting diingat.

Elemen-elemen h1, h2, h3, h4, h5 dan h6 digunakan untuk membuat kepala (heading), h1 adalah level pertama dan teks yang paling besar, h2 adalah level kedua dan teks yang lebih kecil, dan h6 adalah level keenam dan terakhir didalam hirarki heading dan teks yang terkecil.


Contoh 2:



    <h1>Ini adalah sebuah heading</h1>   <h2>Ini adalah Sub</h2>      


Will look like this in the browser:



Ini adalah sebuah heading


Ini adalah sebuah sub



Jadi, apakah Anda selalu membutuhkan Tag Pembuka dan Tag Penutup?


Ada pengecualian untuk setiap peraturan dan di HTML pengecualiannya adalah ada beberapa elemen yang memiliki tag pembuka dan tag penutup yang sama. Hal semacam ini disebut elemen kosong yang tidak terkoneksi ke bagian spesifik didalam teks tetapi lebih ke arah label yang terisolasi, sebagai contoh, satu baris yang terlihat seperti ini: <br />.


Apakah tag diketik dalam huruf besar atau huruf kecil?


Banyak browser tidak mempedulikan apakah Anda mengetikkan tag dalam huruf besar, huruf kecil ataupun huruf campuran. <HTML>, <html> atau <HtMl> secara normal memberikan hasil yang sama. Bagaimanapun juga, jalan paling benar adalah mengetik tag dalam huruf kecil.



Untuk membahas artikel ini bersama saya dan pengunjung lain silahkan isi kotak komentar yang berada di bawah artikel ini ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.