Pages

Senin, 25 Februari 2013

Kesehatan Keuangan Freelancer

Lu freelancer? udah perhatiin kesehatan keuangan lu? wajib sob!!

Nih beberapa cara untuk menjaga kesehatan keuangan freelancer

1) Cadangan keuangan

Mungkin sekarang lu sehat, keker badannya. Tapi besok? bisa aja kan jempol lu ketusuk duri saat di jalan, terus lu infeksi dan tubuh lu dimasuki kuman berbahaya. Butuh dokter donk??

Setiap bulan, sebesar apapun dut yang lu terima, usahain 30%nya untuk ditabung. Jadi apabila lu mengalami masalah suatu hari, lu tinggal ke ATM, tarik duit.

Sangat disarankan memisahkan rekening operasional dengan rekening tabungan

2) Kurangi Pengeluaran

Gak bisa dibilang enggak. Penghasilan freelancer itu gak nentu loh. Bulan ini dapat klien. Bulan berikutya? tahun berikutnya?

Hal ini terhubung ke nomor satu. Lu harus menekan pengeluaran lu apabila lu sadar bahwa karir lu belum terlalu besar..


3) Investasi

Emas, saham. bisnis lain? 20% penghasilan lu larikan ke investasi

4) Hindari untung kecil

Untung yang gue maksud ini adalah benar-benar pemasukan lu. Maksud gue setelah dipotong biaya operasional (makan dan kesehatan termasuk)

5) Jangan mau kerja gratis

Loh kok kejam ya? Engga sob yang kejam bukan lu. Yang kejam tuh tagihan listrik dan tagihan internet lu yang kejam. Plus tagihan rumah sakit kalau ada tanggungan lu yang sakit.

Gue pernah ketemu klien yang meminta gue bekerja secara gratis. Dia bilang nanti gue akan dapat ini itu apabila pekerjaan ini berhasil gue laukan...

Hellow.. yang nanti ya nanti... sekarang kan untuk ngerjain tugas klien butuh listrik, makanan, obat dan internet...

Setidaknya minta 40-50% biaya diminta diawal. Sisanya setelah pengerjaan selesai..

Atau... lu bikin demo aja dulu supaya klien lebih yakin untuk lunasi setengah dari tagihannya diawal...

Kenapa? karena kalau klien udah ngasih uang, itu artinya dia serius...

Gampang kan sob? dicoba deh...

Cayoo Freelancer!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.