Pages

Kamis, 28 Februari 2013

5 Langkah Berbisnis di Blog

Blog bukan lagi tempat untuk sekedar menampung catatan. Sudah banyak para blogger yang menikmati perannya sebagai blogger yang berhasil meraup uang melalui blog. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana caranya berbisnis di blog sehingga blog yang kita kelola bisa mendatangkan uang. Sehingga kita bisa membungkam mulut hater yang sering bilang ngeblog hanyalah kegiatan percuma.

Ada lima langkah berbisnis di blog.


1) Memilih jenis bisnis

Afiliasi : Mempromosikan website toko online. Kita akan mendapatkan uang apabila pengunjung blog kita, mendatangi website yang kita promosikan dan melakukan pembelian.

Iklan : Menaruh iklan orang lain. Bayarannya tergangung kesepakatan dengan pemilik iklan. Bayaran bisa perbulan atau setiap ada orang yang mengklik iklan.

Promosi bisnis sendiri : Caranya sama dengan bisnis iklan tetapi iklan yang dipasang di blog adalah iklan dari produk Anda sendiri.










2) Memasang banner promosi di blog

Apapun jenis bisnis yang kita pilih, bisnis tersebut harus dipromosikan. Promosi di blog maupun di website menggunakan banner. Bannernya bisa berupa gambar ataupun animasi. Selain banner juga bisa menggunakan tulisan menarik lalu diberi link menuju website yang dimaksud.





3) Menulis artikel di blog secara berkala

Seorang motivator yang muncul di stasiun televisi setiap hari minggu jam tujuh mengatakan "What you focus on, grow". Apapun yang difokuskan akan tumbuh besar. Begitu juga dengan bisnis di blog yang kita jalankan. Untuk apa artikel? untuk menarik pengunjung. Darimana pengunjung datang? Dari mesin pencari.

Artikel apa yang ditulis? artikel yang memecahkan masalah orang lain. Bukan artikel yang bersifat promosi. Urusan promosi itu belakangan. Apabila kita secara berkala mempublish artikel yang mengandung manfaat maka seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang kenal sama kita, blog kita dan produk yang kita promosikan. Sistem pemasaran dengan cara menekankan penulisan artikel ini disebut dengan sistem article marketing,




4) Interaktif dengan pengunjung

Usahakan memasang YM di blog. Itu penting. Sehingga apabila ada seorang pengunjung blog ingin bertanya dengan kita, bisa langsung melalui YM. Dan bukan hanya YM. Komentar terhadap artikel dan email yang dikirim juga harus secepatnya kita jawab. Sebagai tanda bahwa blog kita adalah blog yang terurus, blog yang profesional.

Lebih dekat dengan pengunjung itu sangat baik. Karena tidak jarang para blogger mendapatkan klien potensial, kawan atau bahkan gebetan melalui blog mereka. Bagaimana caranya? Yaitu ramah dan membuka persahabatan dengan para pengunjung.



5) Secepatnya mengolah orderan

Setelah secara berkala promosi melalui artikel, tibalah waktu panen. Usahakan secepatnya kita membalas orderan. Karena bisnis itu berlangsung cepat. Sepuluh detik saja kita telat membalas pertanyaan calon pembeli, sangat besar potensi kita untuk kehilangan pembeli.


 .......

Tidak semua usaha akan membuahkan keberhasilan. Tetapi tidak ada keberhasilan tanpa usaha. Bisnis di blog, website, offline maupun online tetap jangan lupa bahwa bisnis tersebut harus halal, harus legal. Supaya harta yang kita dapatkan bukan harta haram...

Silahkan dicoba dan tetap semangat ^_^ cayoo calon bosss!!!! :)


1 komentar:

  1. selamat malam masbro

    artikelnya its oke,,,, salam kenal yo

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.