Komputasi Modern

Komputasi Modern

Adalah konsep perhitungan modern yang mampu menyimpan hasil perhitungan dalam sebuah memori. Komputasi modern mendukung perhitungan yang membutuhkan akurasi dan kecepatan besar dan kompleksitas tinggi.

Terdapat tiga macam komputasi modern saat ini yaitu

1. Mobile Computing

Beberapa dekade lalu, komputer merupakan benda besar yang hanya bisa ditampung di ruangan khusus dan dimiliki pihak khusus, tahun demi tahun berlalu, ukuran komputer semakin mengecil hingga dapat berada di rumah masyarakat, tahun kembali berlalu hingga akhirnya komputer dapat berada dalam genggaman tangan, sebagai alat perhitungan dan komunikasi yang menjembatani hubungan manusia. Contoh dari mobile computing adalah handphone, GPS, smartphone dan lain-lain.

2. Cloud Computing

Kita mengenal media penyimpanan dalam bentuk harddisk, cd, flashdisk dan perangkat keras lain yang bisa dipegang. Beberapa tahun terakhir mulai dikenal media penyimpanan baru yang disebut Cloud Computing. Dengan media ini kita bisa menggunakan software yang terinstal jauh di tempat lain melalui komputer yang terhubung internet dan bisa menyimpan data-data di tempat lain. Kata cloud yang berarti awan mengartikan bahwa kita menaruh file-file di tempat lain yang sulit dijangkau oleh orang lain yang tidak memiliki akses. Contoh cloud computing adalah software pembuat animasi berbasis web dimana kita tidak perlu menginstall softwarenya, cukup membuka webnya kemudian menggunakan softwarenya dari komputer. Hasil pengerjaan bisa disimpan di komputer pribadi maupun di internet (awan/cloud).

3. Grid Computing

Merupakan pemakaian komputer yang terhubung ke jaringan melalui komputer lain yang berada di dekat kita. Dewasa ini kita mengenal Virtual Private Server, in merupakan salah satu bentuk grid computing.

Perkembangan Komputasi Modern

Tahun 1941, diciptakan Konrad Zuses Electromechanical Machine atau disebut dengan mesin Turing. Masih pada tahun yang sama, diciptakan non-programmable atanasoff-berry computer, sebuah komputer yang menggunakan tabung hampa, angka biner dan memori regeneratif

Tahun 1943 diciptakan komputer Colossus, digunakan untuk memecahkan sandi-sandi yang digunakan Jerman saat perang dunia

Tahun 1944, Universitas Harvard menciptakan The Hardvard Mark 1, sebuah komputer elektromekanis dengan programmability terbatas.

Tahun 1946, diciptakan US Army'sBallistic Research Laboratory ENIAC, komputer ini digunakan untuk menghitung nilai aritmatika

Dampak Komputasi Modern

Dari sisi kenyamanan

Kita mempunyai GPS yang bisa digunakan untuk memandu perjalanan, mempunyai smartphone sebagai komputer portabel

Dari sisi keamanan

Kita memiliki kamera yang terkoneksi ke internet, menyebabkan kita bisa memantau rumah saat sedang berlibur. Dan kita memiliki alarm yang terintegrasi dengan satuan keamanan seperti polisi.

Dari sisi komunikasi

Kita memiliki media komunikasi selain telepon seperti skype, video conference.


Tidak ada komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.