Pages

Rabu, 26 Oktober 2011

Membuat Form di Open Office Base

Form adalah sebuah fitur di Open Office Base yang berguna untuk memasukkan data ke dalam database melalui tampilan yang lebih menarik jika dibandingkan dengan melalui Table. Dengan Form, Anda bisa membuat tampilan entri data yang menarik sesuai dengan kreasi Anda. Dalam artikel ini akan diberitahu cara membuat Form di program Open Office Base, berikut langkah-langkahnya.



1) Buat database baru

Anda akan melihat tampilan awal program

2) Klik tab Forms lalu klik Use Wizard to Create Form...



3) Anda akan melihat tampilan Form Wizard



4) Pada bagian Tables or queries, pilih tabel atau query yang ingin dimanajemen isinya



5) Pada bagian Available fields, pilih kolom yang ingin Anda gunakan didalam form dengan cara menekan tombol > atau tombol >> untuk memilih semuanya, tombol < untuk membatalkan pilihan dan tombol << untuk membatalkan semua pilihan.



6) Jika sudah, klik tombol Next>


7) Pada bagian Set up a subform, abaikan lalu klik tombol Next>

8) Pilih struktur form yang ingin digunakan


9) Jika sudah, klik Next>

10) Pada bagian Select the data entry mode, pilih bagaimana cara Anda mengelola data


11) Lalu klik Next>


12) Pada bagian Apply the style of your form, Anda bisa mengatur warna form


13) Setelah selesai memilih warna, klik Next>

14) Pada bagian Set the name of the form, masukkan nama form


15) Jika sudah, klik Finish


Anda akan melihat tampilan baru yang terbuka, tampilan itu adalah tampilan Form yang sudah Anda buat. Anda telah berhasil membuat Form di program Open Office Base ^,^


Jika Anda ingin membahas tentang program Open Office bersama saya dan pengunjung silahkan isi kotak komentar yang berada dibawah artikel ini ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.