Adab dalam belajar pemrograman

Sungguh baik, jalan yang ditempuh orang yang ingin terjun ke dunia pemrograman dengan cara menggandeng orang lain untuk dijadikan gurunya, mereka menggebu-gebu ingin segera menjadi master, dengan semangat 45 mereka mulai perjalanannya, tetapi sayangnya, begitu baru mulai, sering kali mereka berhenti belajar, entah karena dikeluarkan oleh gurunya karena tidak sanggup dengan sikap muridnya, atau dia yang keluar sendiri karena tidak sanggup, entah otaknya tidak sanggup atau sikapnya tidak sanggup mengikuti arahan dari gurunya.




Dari pengalaman saya, ada beberapa kunci sukses jika ingin belajar pemrograman dengan cara belajar pada orang lain

1. Sadarlah kalau proses lebih berharga daripada hasil

Taruhlah Anda bisa jago pemrograman dalam waktu 1 bulan, tapi jika dalam prosesnya Anda melukai hati guru Anda, bertindak semaunya, memaksa guru Anda untuk menuruti keinginan Anda secara kasar, apakah ilmu yang Anda dapatkan itu, bisa menjadi berkah? Tidak kah setelah Anda jago pemrograman, Anda masih membutuhkan orang tersebut untuk mendapatkan proyek? Perhatikan proses belajar Anda agar tetap penuh adab dan berkah, dan nikmatilah walaupun jalan tersebut memakan waktu lama. Imam Syafi'i berkata orang yang tidak kuat menahan pedihnya belajar, harus dipaksa menahan pedihnya kebodohan.

2. Tinggalkan maksiat

Tidak kah Imam Syafi'i pernah mengeluh pada gurunya karena susah menghafal, lalu gurunya menasihatinya untuk meninggalkan maksiat? Dan ada ulama lain yang berkata sesungguhnya tidak ada cara yang lebih baik untuk menghafal selain dengan cara meninggalkan maksiat. Maka dengan cara ini, insyaAllah Anda dapat cepat mengerti bahasa pemrograman yang sedang Anda pelajari.

3. Keluarkan modal besar

Bagaimana ilmu tersebut berharga untuk Anda, kalau Anda tidak mau berkorban banyak? perhatikanlah bahwa imam-imam terdahulu, mereka menempuh jalan berhari-hari, diantaranya sampai sebulan, hanya untuk mendapatkan sedikit hadits, belum lagi ada yang menjual rumah untuk bisa belajar pada imam lainnya. Mereka keluar modal, modal uang dan modal keringat. Jangan bermimpi menjadi master pemrograman, kalau segelas kopi pun tidak pernah Anda belikan untuk guru Anda. Beli juga buku-buku tebal, atau jangan lelah mencari di internet, jangan hanya mencari beberapa jam saja kemudian menyerah, jangan bermental tempe.

Itu lah 3 poin penting yang ingin saya sampaikan. Jangan menyerah, terus belajar, insya Allah keberkahan akan Anda dapatkan, dan jangan lupa untuk beribadah di dalam prosesnya, karena Dialah yang memberikan dan mengambil ilmu

Kalau ada yang benar dari Allah SWT, kalau ada yang salah dari saya, silahkan berkomunikasi di kolom komentar dan jangan lupakan pembahasan kita kali ini, jagalah adab Anda :)

Syukron

Tidak ada komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.