Majelis majelis ilmu pemrograman



Yang paling berbahaya dalam seluruh profesi, adalah sifat cepat puas dengan ilmu yang dimiliki. Sesungguhnya sifat ujub itu dilarang, karena berbahaya di dunia dan berbahaya di akhirat. Lalu bagaimana agar kita tidak memiliki sifat ujub? Yaitu dengan terus belajar, ingatlah, orang yang semakin mendalami suatu bidang, semakin dia merasa bodoh di bidang tersebut, kalau Anda sekarang merasa sudah hebat di bidang tersebut, maka siap-siaplah menghadapi kehancuran diri Anda sendiri, karena sebenarnya Anda termasuk orang-orang yang ujub. Di bawah ini ada beberapa website tempat Anda bisa mempelajari ilmu pemrograman secara rutin.

1) Mbah Google

Dari saya SMP sampai sekarang kuliah sebutannya kebanyakan Mbah Google atau Eyang Google. Misal Anda mau belajar teknik looping, tanya ke mbah google, nanti Anda diarahkan ke website yang mengajarkan teknik looping.

2) W3 School

Untuk pelajaran seputar web development, disinilah tempatnya. Disediakan teori, skrip dan runtime di browsernya.

3) Stack Overflow

Cara orang belajar itu macam-macam, ada yang praktik teori dan ada juga yang belajar langsung dari masalah-masalah yang ada atau istilahnya studi kasus lah. Di situs Stack Overflow Anda akan menemukan beragam problem baik yang sudah dipecahkan ataupun belum, kalau saya sendiri lebih suka belajar disini.


4) Code Fight

Anda bisa berlatih kemampuan algoritma dan pengetahuan bahasa pemrograman dengan cara memecahkan masalah-masalah yang disediakan dalam waktu yang dibatasi, Anda bahkan bisa bersaing dengan member lain untuk beradu cepat, karena di website ini, semakin cepat maka bisa dibilang semakin hebat kemampuan Anda.


5) Dikoding

Situs dikoding ini bikinan orang indonesia. Sama seperti Stack Overflow tempatnya membahas masalah-masalah yang dihadapin programmer lain. Kalau Anda tipe orang yang suka belajar dari masalah, dua situs ini cocok untuk Anda.

Demikian lah lima website yang bisa dijadikan rujukan untuk belajar pemrograman. Jika Anda mempunyai rujukan lain, silahkan  isi komentar di bawah ini

Syukron




Tidak ada komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.