Biarkan Mereka Berkarya



Salah satu metode pemasaran yaitu dengan cara membangun komunitas, dimana orang-orang bisa bergabung untuk mencapai suatu tujuan, dan di lain sisi, para pendirinya bisa menawarkan produk-produk mereka untuk dibeli para anggotanya. Ada cara lain, yaitu membuat produk ini bisa dengan mudah dimodifikasi oleh para pembelinya, lalu para pembeli ini membuat komunitas yang tidak berhubungan dengan perusahaan penjual produk tersebut, dengan begini, si pembeli pun akan memasarkan produk yang dia beli dengan senang hati, karena produk tersebut membuat dia mudah untuk menghasilkan suatu karya.

Contohlah LEGO, orang-orang membeli dan menghasilkan karya yang sesuai dengan keinginannya, mereka bisa membentuk komunitas masing-masing di daerahnya, dengan begini, nama LEGO secara otomatis tersebar ke seluruh dunia. Kuncinya hanya "membiarkan mereka berkarya", LEGO terkadang menjual set-set dengan tema tertentu seperti Star Wars misalnya, akan tetapi potongan-potongannya bisa dilepas dan digabung dengan tema lain, misal badannya Iron Man tetapi kepalanya Spider-man.

Begitu juga dalam dunia game, ketika sebuah game itu menarik untuk dimainkan, dan mudah untuk dimod, maka orang-orang akan membentuk komunitas atau forum untuk sama-sama modding game tersebut, dengan sendirinya nama game tersebut akan tersebar dan semakin banyak peminatnya, contolah game GTA San Andreas, game tersebut sudah lama umurnya, tetapi sampai sekarang masih ada saja mod-mod terbaru, karena mudahnya memodding game tersebutf.

Dan mod bisa menjadi sarana seleksi bagi perusahaan yang ingin mencari karyawan baru, misal sebuah perusahaan game ingin merekrut programmer baru, mereka bisa mencari mod-mod game mereka yang terbaik di internet lalu merekrut si moddernya(pembuat mod), dan ini bisa dilakukan secara tersembunyi tanpa diketahui oleh modder tersebut. Dan ini sudah dilakukan secara nyata oleh beberapa studio game. Contohlah game Counter Strike yang awalnya merupakan sebuah mod, kemudian dijadikan game stand alone karena awalnya mod ini banyak diminati, contoh lainnya adalah game Dota, awalnya ini hanyalah mod untuk game Warcraft, tetapi karena banyak peminatnya maka dijadikanlah game stand alone yang sekarang bisa kita dapatkan di Steam.

Maka jika Anda ingin membuat software atau game, kalau tidak ada masalah, buatlah agar produk tersebut moddable, karena sangat disayangkan begitu banyak game-game bagus tetapi tidak bisa dimod, sehingga game tersebut hilang tertinggal zaman.

Kesimpulan kegunaan suatu produk moddable adalah :

1. Bisa menjadi promosi gratis
2. Bisa mendapatkan ide-ide pengembangan melalui mod-mod yang sudah ada
3. Tidak perlu ragu untuk merekrut modder yang hebat, karena sudah terbukti dari karyanya
4. Game Anda, jika bagus, insyaAllah akan "hidup" lebih lama

Sekian pembahasan dari saya, kalau benar datangnya dari Allah SWT, kalau salah dari saya dan mohon dikoreksi melalui kolom komentar untuk bahan perbaikan kedepannya

Syukron

Tidak ada komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.