pengertian dari Clien Side dan Server Side

Anda ingin membangun sebuah situs? lebih baik perhatikan dahulu situs yang Anda buat berisi program yang dijalankan dari komputer pengunjung(Clien Side) atau dijalankan oleh server Anda(Server side)



Clien Side



dalam sistem Clien Side halaman situs didownloan secara penuh oleh browser dan program yang ada didalam halaman tersebut di eksekusi dari komputer pengunjung(Clien). Sebagai contoh, ketika mengunjungi sebuah situs perhatikanlah bagian penunjuk waktu seperti hari atau jam, lalu cocokan dengan jam yang ada pada komputer Anda, jika sama maka bisa dipastikan situs tersebut mengandung sistem Clien Side karena program penunjuk waktu dieksekusi dari komputer Anda. Clien Side tidak akan membebani server karena server hanya sebagai penyedia halaman yang didownload oleh browser dan pengolahan program situs tersebut dilakukan oleh komputer pengunjung.



Clien Side mainan para Hacker



Seperti yang tadi dijelaskan, browser mendownload secara penuh suatu halaman dan yang melakukan pengolahan program adalah komputer pengujung, maka kaum Hacker bisa menyimpan situs tersebut dan mempelajari kode yang dipakai, jika ada yang bersifat menguntungkan bagi Hacker maka dia akan dengan mudah membobol server situs tersebut dan mempermainkannya, seperti mengganti halaman pertama dengan gambar tengkorak dan bertuliskan"Situs ini telah terhack". Clien Side sangat tidak disarankan bagi Anda yang ingin membangun situs besar seperti situs pertemanan, kerja online dan lain sebagainya.





Server Side



Server Side bertolak belakang dengan Clien Side, semua program yang diminta oleh browser akan dieksekusi dari server tersebut, pengunjung hanya mendapat informasi dari hasil olahannya, sistem ini lebih aman daripada Clien Side, bagi Anda mungkin akan segera berminat untuk menggunakan sistem Server Side, Eeeeiiiiit! tunggu dulu bro! semua ada harganya, untuk membangun Server Side diperlukan kapasitas server yang cukup besar dan berbagai tambahan herdware untuk menampung data. Tapi bagi Anda yang ingin membangun situs besar dan cukup berpengaruh dalam dunia Internet maka sistem mutlak dperlukan, harga yang mahal untuk membangun sistem Server Side tidaklah seberapa bila dibandingkan dengan hancurnya situs Anda ketika situs Anda sedang menjaya yang disebabkan oleh golongan orang yang iri dan ingin mengakhiri kejayaan Anda.



Jika Facebook menganut sistem Clien Side mungkin detik ini juga ketika Anda kembali ke situs Facebook yang Anda dapat adalah halaman depan yang bergambar tengkorak yang tertancap pisau penuh darah dan bertuliskan "Hacked"

Tidak ada komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.